Untuk pasaran otomotif di Indonesia era 1980-an, pabrikan yang bermarkas di kota Munich, Jerman ini memasarkan BMW Seri 3
(E30) hanya varian 318i saja. Pertama kali menjejakkan tapaknya di Bumi
Pertiwi ini mulai tahun 1986 hingga 1988, BMW E30 318i dibekali mesin
tipe M10 berkonfigurasi 4 silinder segaris kapasitas 1.800 cc. Kemudian
ketika menginjak tahun 1988 hingga 1991, cikal-bakal BMW E36 ini mulai
dibekali mesin tipe M40 yang sama-sama berkonfigurasi 4 silinder segaris
kapasitas 1.800 cc.
Selain tipe mesinnya, ternyata ada beberapa ciri di fisiknya yang bisa
dijadikan sebagai acuan untuk membedakan bagaimana tampang asli BMW E30
318i yang dibekali mesin M10 dengan mesin M40. Terkecuali jika BMW 318i
sudah mengalami proses modifikasi ya?! Yuk, kita telusuri apa saja
perbedaannya...!
Paling kentara bisa dilihat dari sektor wajah, dimana BMW E30
318i M10 dihiasi dengan bumper depan yang lebih tebal sehingga
cenderung tampak lebih monyong kedepan. Bumper depan model seperti
inipun diaplikasikan juga ke BMW E30 318i M40 keluaran 1988-1989. Namun
semenjak tahun 1989-1991, BMW E30 318i M40 mulai mengadaptasi bumper
depan yang lebih tipis dan ramping. Ini berlaku juga untuk bumper
belakangnya.
Perbedaan lain di sektor wajah terletak pada sepasang lampu kecil
(built-n driving lamp) yang terbenam dibawah bumper depan (front
valance). Lampu ini hanya bisa ditemukan pada BMW E30 318i yang
dianugerahi mesin tipe M40.
Berlanjut ke sektor buritan. Pada bagian ini, perbedaan paling jelas
terlihat yakni adanya rear valance. Salah 1 perangkat pendongkrak
aerodinamika ini hanya tertancap dibawah bumper belakang BMW E30 318i
bermesin M40. Sedangkan dibawah bumper belakang BMW E30 318i M10 tampak polos tanpa rear valance.
Disamping itu, ciri khas lain dari buritan BMW E30 318i M40 original
bisa ditengok dari lampu belakangnya. BMW E30 318i M40 memilik mika
lampu belakang yang dihiasi motif kotak-kotak pada bagian dalamnya,
sementara mika lampu belakang BMW E30 318i M10 tampak lebih halus tanpa
motif didalamnya.
Cukup jelas bukan?! Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan Anda tentang BMW E30 318i.
Salam E30....terima kasih infox bro....semakin jelas dan sy semakin yakin bhw Mobil BMW sy adalah BMW 318i E30 M40 Th. 1989.
BalasHapussalam. pak aya ingin brtnya baru baru ini bmw e36 sya aelalu bila henti enjin nya seakan mau mati idle nya tdak stabil lalu sya ke workshop setelah mekenik periksa katanya air flow ada masalah lalu di tukarnya air flow second masalahbya mau mati sudah tiada idle nya jugak sudah stabil tp sya dapati kete sya seakan sangat lembap seakan hlang kuasanya...tidak speti dulu kuasanya dimanakah silapnya pak... teima kasih... .
BalasHapussalam. pak aya ingin brtnya baru baru ini bmw e36 sya aelalu bila henti enjin nya seakan mau mati idle nya tdak stabil lalu sya ke workshop setelah mekenik periksa katanya air flow ada masalah lalu di tukarnya air flow second masalahbya mau mati sudah tiada idle nya jugak sudah stabil tp sya dapati kete sya seakan sangat lembap seakan hlang kuasanya...tidak speti dulu kuasanya dimanakah silapnya pak... teima kasih... .
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.