para punggawa BMCC

para punggawa BMCC
para punggawa BMCC

Rabu, 12 Desember 2012

Share Service Odometer

Odometer E30 Anda mati? Ah, itu paling gir odometernya yang rusak. Tinggal diganti aja. Mau ganti sendiri atau serahkan pada ahlinya, silahkan.
Saya punya kebiasaan (kalau sedang ada duit :p ), kalau isi bensin mobil tua selalu full tank ketika penunjuk tangki bensin pada posisi kurang lebih setengah full. Maksudnya adalah agar fuel pump menjadi awet. Yang lainnya lagi adalah agar saya bisa monitor konsumsi bensin yaitu dengan mereset tripmeter, jadi kalau next time saya isi full tank lagi, saya bisa tahu konsumsi bensin si mobil tua.
Seperti biasa, ketika jarum penunjuk bensin sudah 1/2, saya isi full tank. Ketika akan mereset tripmeter, saya kaget. Lho kok baru 100 km? Masa sudah berkurang 1/2 tangki baru jalan 100 km-an. Ketika diteliti lagi ternyata odometer nya mati. Weks. Kalau odometer mati, trip meter juga ikutan mati.
Info dari milis BMW, kalau tripmeter/odometer mati, biasanya adalah gir nya yang sudah rusak. Girnya bisa dibeli di Pak Harry Lingga atau di Anugrah. Nah, kebetulan saya memang mau ke Pak Hari Lingga untuk recarbon AFM. Jadinya sekalian deh ganti gir odometer. Total ada 3 gir yang perlu diganti, sayang waktu itu stok Pak Harry lagi kosong, jadi hanya 2 gir yang diganti. Tapi lumayan, dari ngelihat Pak Harry bongkar speedometer, saya jadi bisa bongkar speedometer sendiri

(Gir odometer yang rusak, perhatikan gigi gir besar yang sudah sompal pada bagian yang bersinggungan dengan gir kecil)
Beberapa hari kemudian, ketika saya ada keperluan ke Anugrah, saya beli gir odometer lagi. Karena harus beli satu set (3 buah gir), terpaksa deh beli lagi 3 gir walaupun sebenarnya saya hanya perlu tambahan 1 gir saja untuk mereparasi odometer mobil tua. Pasangnya gimana? Ah, pasang sendiri aja, gampang kok, kan sudah dapat ilmu cara bongkar speedometer dari Pak Harry.
O ya, kalau ada yang mau bongkar speedometer sendiri juga, nih link how-to nya. Semoga bermanfaat.

http://home.comcast.net/~cdeegan9/dashboard/dashboard_1.html


2 komentar: