Pernahkan Anda merasakan suatu
guncangan hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan bus atau mobil
besar lainnya pada kecepatan tinggi. Sebagian orang meduga kalau efek
limbung yang terjadi itu disebabkan oleh kecilnya ukuran mobil yang kita
naiki. Pada kenyataannya, gejala limbung ini tidak terjadi pada mobil
kecil (contoh: Mitsubishi Colt) yang dikabarkan seorang kawan saat
dibawa mudik lebaran kemarin. Ketahuilah bahwa semua itu kuncinya pada
keselarasan(spooring) dan keseimbangan (Balancing) roda serta piranti
kemudi (setir) sebagai pengendali gerakan mobil.
Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, keselarasan dan
keseimbangan roda harus diperbaiki karena keausan komponen kaki-kaki
mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan
roda. Agar kesetabilan mobil tetap terjaga maka wajib hukumnya untuk
melakukan spooring dan balancing secara berkala. Tujan utama dari proses
spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri.
Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini
bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing
adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan.
Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil
dijalankan. Pada proses penyetelan harus diyakinkan bahwa roda belakang
bener-benar parallel dengan roda depan karena roda belakang hanya
mengikuti gerakan roda depan saat mobil di jalankan. Apabila kondisi ini
tidak tercapai bisa menyebabkan ban Anda akan cepat aus dan kestabilan
mobil tergangu.
Spooring dan balancing juga bertujuan untuk membuat keausan ban mobil
merata sehingga pengendalian dan kenyamanan mobil tetap terjaga, efek
limbung dapat terhindar dan keamanan berkendaraan pun senantiasa
terjamin.
Gejala limbung juga bisa ditimbulkan oleh gangguan pada setir. Pada
umumnya mobil sekarang sudah mengadopsi system kemudi ‘power steering’.
Gejala gangguan pada system setir ini beraneka ragam dan biasanya disebabkan oleh beberapa sebab berikut:
1. Kemudi terasa berat akibat kendornya tali kipas dan juga mungkin oli kurangnya power steering.
2. Getaran kuat pada kemudi akibat lemahnya system suspensi depan.
Getaran ini juga disebabkan oleh longgarnya batang penyambung (long tie
road) pada system kemudi.
3. Penggunaan ban berjenis radial yang terlalu lebar dan tekanan
angin yang berbeda untuk tiap ban akan mengganggu kinerja setir.
4. Penyetelan sector shaft yang tidak tepat atau penyetel rack pada
model rack and opinion terlalu kendur bias membuat gerak bebas setir
berlebihan.
Gangguan pada setir akan sangat kita rasakan pada saat mobil berada pada
kecepatan tinggi, makanya pengetesan spooring dan balancing perlu
dilaksanakan pada saat mobil melaju pada kecepatan diatas 100 km/j,
dimana gejala limbung itu bisa dirasakan.
Cara yang termudah dan termurah untuk mengetahui kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring dan balancing:
1. Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda
saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan
bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding
roda belakang.
2. Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan
suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali
setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan
tanda adanya masalah spooring.
3. Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan
yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan
bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya
system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
4. Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari
bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali
berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
5. Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
6. Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini
tandanya mobil Anda sudah cukup parah dengan keseimbangan.
7. Bila komponen system kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil Anda hanya bergerak lurus.
Setelah Selesai Spooring & Balancing Disarankan Tidak mengangkut beban YG belebihan
okeey...SELAMAT MENCOBA...!!!
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 13
BalasHapus[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 14
[>>>] Modifikasi Mobil Menggunakan Velg Hitec Racing
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg ay179
[>>>] Modifikasi Mobil Racing R13X55H8ET15
[>>>] Cara Membaca Velg Ricing
[>>>] Tips Modifikasi Mobil
[>>>] Modifikasi Mobil Terios jadi 4WD
[>>>] Modifikasi Honda Jazz
[>>>] Toko Velg Mobil Time Attack, Tempatnya Jual Velg Bogor
[>>>] Modifikasi Mobil Avanza 2008
[>>>] Modifikasi Honda Civic Wonder
[>>>] Modifikasi Terios
[>>>] Modifikasi Mobil Paling Gila Di Dunia
[>>>] Seputar CIVIC WONDER
[>>>] Tips Mengganti Velg Mobil
[>>>] Cara Memilih Velg Mobil Yang Bagus
[>>>] Mobil Tampil Garang Dengan Velg Racing
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 15
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 16
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 17
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 18
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 19
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 20
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 22