para punggawa BMCC

para punggawa BMCC
para punggawa BMCC

Senin, 02 April 2012

Jangan Lubangi Cakram Rem Standar pada Mobil

Rem mobil termasuk salah satu komponen vital pada kendaraan. Tingkat risikonya justru lebih tinggi dari mesin, yang bila tidak bekerja normal, nyawa taruhannya. Makanya, sistem penghenti laju ini perlu mendapat perawatan yang baik.

Terkadang, ada mekanik yang melubangi cakram rem agar lebih pakem. Ide ini terinspirasi dari desain cakram rem untuk kompetisi yang memiliki lubang pendingin. Adapun model rem depan mobil standar berventilasi sehingga, bila dilubangi, tentu kerjanya tidak optimal.

Efek negatif lain saat melubangi, jika tidak hati-hati, bisa menyebabkan cakram rem pecah. Akibatnya, kontak piringan cakram dan brake pad semakin berkurang.

Paling aman, standardisasi bawaan rem tetap dipertahankan. Hanya, perawatannya yang perlu dijaga. Ikuti langkah di bawah ini:

1. Ganti minyak rem setiap 20.000 km atau 2 tahun.

2. Jangan menambah minyak rem di tabung reservoir. Bila kapasitasnya berkurang, itu menandakan ketebalan kampas rem sudah menipis. Jika penurunan lebih cepat, berarti ada kebocoran.

3. Bersihkan debu dengan menggunakan pembersih rem. Hal ini akan meminimalkan kerusakan cakram.

4. Membubut cakram rem dapat dilakukan bila telah terjadi getaran ketika menginjak pedal rem. Namun, setiap produsen mobil memiliki batas minimum ketebalan pada cakram rem yang mereka buat. Nah, perhatikanlah sektor itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar