para punggawa BMCC

para punggawa BMCC
para punggawa BMCC

Sabtu, 15 Desember 2012

Sokbreker Double Rebound Custom, Tambah Per Kayak BMW

Begitu banyak pemilik mobil yang mengeluh kalau tunggangannya limbung. Terutama ketika melewati jalan bergelombang atau saat berada di kecepatan tinggi. Hal ini menginspirasi Feri Rahman, pemilik bengkel Feri Creatif Shock (FCS) untuk melakukan modifikasi sokbreker.

Sokbreker sendiri memiliki fungsi untuk membatasi gerak bodi mobil, baik ke bawah maupun atas. "Ketika sokbreker gerak turun, maka mobil akan ditahan oleh per asli mobil. Namun ketika gerak ke atas, untuk sok standar akan terlepas begitu saja.

Inspirasi semakin bertambah tatkala dirinya sering membongkar sokbreker milik mobil BMW. Di dalam tabungnya, terdapat per tambahan supaya redaman lebih baik. "Pasti bisa diaplikasi pada jenis lain.
Bermula dari situ, Ia mulai berkreasi. Sokbreker yang dijadikan modal awal yakni milik mobilnya sendiri, Nissan Serena. Didapat komposisi, per dalam sokbreker belakang memiliki dimensi lebih kecil dibanding bagian depan (Gbr 1).

Per dalam sokbreker ini untuk menahan gerak as, sehingga tidak terlalu ‘terlepas' yang justru bisa membuat mobil agak limbung. Untuk mendapatkan hitungan per tersebut, Feri telah meriset selama 6-8 bulan.

Setelah dibongkar dan pasang per di dalam, kemudian dirakit kembali. Setelah semua terpasang, jangan aneh jika melihat penampakannya. Sebab sokbreker yang dinamai double rebound ini akan memiliki dimensi as yang lebih pendek dibanding standarnya (Gbr 2). Ini berlaku juga untuk sokbreker belakang (Gbr 3).

Namun meski memiliki dimensi yang lebih pendek, tetap menjamin mobil tak akan jadi ceper. "Itu karena ada per yang menahan. Jadi as dalamnya tidak terlalu ketarik."
Lalu bagaimana dengan oli dan gas yang ada di sokbreker itu? Ia akan tetap mengisinya kembali. Bahkan dijamin, kualitas oli tak kalah dengan pabrikan, justru mungkin lebih bagus karena oli lama sudah encer, berganti dengan baru. Oli ini juga akan merendam per, sehingga tak perlu khawatir karat. Demikian untuk gas nitrogen yang diisikannya.

Untuk memperoleh sokbreker custom ini, Feri mematok harga mulai Rp 1,5 juta untuk 1 set, tergantung mobil. Misal Toyota Avanza, Daihatsu Xenia Rp 1,5 juta, sedangkan Nissan Serena Rp 1,8 juta, menggunakan sistem barter.

Maksudnya, konsumen harus order atau pesan dulu. Kemudian akan dibuatkan. Sedangkan mobil masih dapat dipakai karena sokbreker asli belum dilepas. Jika sudah selesai, baru kemudian dipasang dan sokbreker asli mobil diambil bengkel.

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus