para punggawa BMCC

para punggawa BMCC
para punggawa BMCC

Sabtu, 15 Desember 2012

Pemicu Mobil Terbakar, Fuel Leak

Tanpa disadari atau tidak, kemampuan komponen di sekitar mesin  berangsur menurun. Apalagi parts dengan material karet seperti slang bensin. Sebaik apapun kualitasnya, pasti memiliki masa pakai.

Ini pula yang menyebabkan serangkaian musibah bila slang bensin luput dari perhatian. Malah untuk beberapa merek mobil, bisa menjadi penyebab kebakaran.

Disebabkan karena kondisi karet yang sudah getas dan mulai menyebabkan kebocoran bensin di sekitar bodi slang bensin atau di ujung sambungan (napel).

Bila posisi slang bensin yang sudah berumur tadi berada di atas komponen lain yang rawan penyebab api seperti exhaust manifold, alternator atau dinamo starter, api mudah menyambar.
 Menangkalnya cukup sederhana dengan membuat slang karet bensin tak mudah rusak, akali dengan penangkal atau menggantinya secara berkala. Gunakan insulator atau sekat tambahan agar bensin yang bocor tak langsung mengenai komponen lain yang bisa memicu api.  

“Untuk BMW tipe E30 yang kerap terbakar karena slang bensin getas, wajib mengganti slang bensin di seputaran kabin mesin setiap 1 tahun sekali,” ujar Gita Prasetyo, mekanik sekaligus member BMWCCI E30 Register.

Hal sama berlaku untuk mobil dengan pasokan bahan bakar karburator. Bensin mulai rembes di sekitar bodi karburator bila paking atau gasket sudah mulai rengat. Napel penjepit slang karet bensin dengan pipa besi inlet karburator kerap menjadi dalang bensin rembes.....

SALAM BUAT OM2 MATARAMAN....

1 komentar: