para punggawa BMCC

para punggawa BMCC
para punggawa BMCC

Senin, 16 April 2012

Tips Cegah Karat di Mobil dengan Proses Kimia

Tampilan mobil memang segalanya, namun jika sudah karatan wajah mobil sudah tidak enak dipandang lagi. Karat sering mengganggu penampilan mobil, ingin dibenarkan biayanya pun cukup mahal.

Nah, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) ternyata tidak hanya menampilkan mobil terbaru dan konsep, alat canggih untuk mencegah karat di mobil pun ada. Apa itu?

Nama alat tersebut adalah Rust Stop. Alat tersebut juga sepertinya cocok bagi Anda yang malas mencuci mobil. Untuk diketahui, karat terbentuk karena proses kimia elektronik, dimana reaksi kimia terjadi lewat pertukaran elektron.

"Metal pada mobil (Fe) mengandung atom besi, atom impurities dan elektron bebas. Secara ilmiah atom besi memiliki muatan positif kurang lebih 1 volt berbanding dengan atom impurities yang memiliki muatan negatif," kata teknisi Rust Stop, Kurniawan kepada detikOto di sela-sela ajang IIMS JIExpo Kemayoran.

"Karena atom besi mempunyai voltase yang lebih tinggi maka terdapat daya tarik dengan elektron bebas (-) pada atom impuritiess sehingga pada kendaraan menjadi penghantar bagi elektron bebas untuk pindah dari atom impurities dan menyerang atom besin pada metal kendaraan. Reaksi itu disebut pengkaratan," lanjutnya.

Cara pemasangan aat tersebut cukup menyambungkan kabel model ke baterai aki. Sedangkan sacrificial anode yang tersambung modul utama diletakan di sudut-sudut mobil. Namun jangan salah pasang, soalnya sacrificial anode harus terpasang apik pada bodi mobil.

"Tempelkan keempat sacrificial anode di setiap sudut mobil. 2 sacrificial anode bisa di kabin mesin dan 2 lagi di bagian belakang, selanjutnya karat akan dialihkan ke anode. Modul utama mengalirkan 45 volt tegangan positif pada anode, yang menyebabkan elektron bebas tertarik atau diserap oleh anode sehingga proses oksidasi akan terjadi di anode," ucap Kurniawan.

Seperti yang dijelaskan Kurniawan, sistem kerja Rust Stop tidak membuat aki soak. Sebab, modul utama hanya memakai tidak lebih dari 1 volt. Jadi jangan khawatir mobil mogok.

Trik Membedakan Suku Cadang Asli dan Palsu BMW

BMW cukup gerah dengan peredaran suku cadang palsu di Indonesia. BMW pun memberikan trik untuk membedakan yang asli dan palsu. Seperti apa?

"Untuk bisa mengetahui suku cadang tersebut original atau palsu, itu bisa dilihat dengan tiga cara. Diantaranya dilihat dari kualitas, sudah pasti apabila menggunakan spare part palsu sudah otomatis ini akan lebih cepat habis atau tidak bisa digunakan lagi. Secara otomatis ini merugikan finansial anda," ujar ucap BMW AG Product Management Department Nicole Spila, di Hotel Indonesia-Kempinski, Jakarta, Senin (19/9/2011).

Selain itu dilihat dari harga, kalau harga yang di konsumen itu murah jauh dari standar itu harus dipertanyakan karena dikhawatirkan itu merupakan barang palsu.

"Dan terakhir dilihat dari tempat spare part tersebut, tempat menaruh spare part yang original itu memiliki tampilan yang lebih baik bila dibandingkan dengan yang asli," tambahnya.

BMW memberikan contoh cara pembedaan suku cadang palsu atau tidak


1. Pada oil filter

Untuk membuktikan oil filter itu palsu atau tidak bisa dilihat dengan cara memasukkannya ke dalam air, bila oil filter yang asli secara otomatis akan tetap rapi tidak menggumpal atau tidak berbentuk. Dan setelah dipasang kembali tidak akan mogok.

Oil filter juga bisa diuji dengan pembakaran. Bila oil filter original atau asli dibakar, maka tidak akan terkabar, karena filter oil asli sudah dilapisi oleh antibakar sedangkan yang palsu akan mudah terbakar. Ini yang membuat mobil terbakar di saat menemui suhu panas.

2. Pada pelek berlogo BMW

Perbedaan paling mendasar terdapat pada harga pelek dan ukuran. Ukuran pelek asli itu berukuran antara 19-19'5 inci sedangkan yang palsu disediakan dengan ukuran 18 inci.

Perbedaan selanjutnya terletak pada kualitas. Menurut hasil pengujian di Jerman, pelek asli atau original di saat berjalan dengan kecepatan tinggi dan menerima tekanan berat sebesar 158 kilogram maka pelek tersebut akan bengkok namun tidak akan pecah. Namun untuk pelek berlogo BMW yang palsu langsung pecah dan membuat tekanan tak terkendali. Ini bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal untuk pengendara.

Kamis, 12 April 2012

Yang Original nan Klasik




Here's a current list of mods:
-9.5:1 Mahle Pistons (piano tops)
-Schrick 292 cam
-Dual DCOE 45 carbs
-Electronic Fuel Pump
-Ansa Resonator and Rear Section
-Pertronix igniter
-Bosch Blue Coil
-Mechanical Advance Distributor
-H&R lowering springs (1 ¼”)
-Bilstein Sport Shocks
-F&R 22mm sway bars
-F&R strut braces
-14” basketweaves from an E30
-E21 5 spd overdrive tranny conversion
-Kamei Air Dam
-Rear bumper off a ‘71

Jumat, 06 April 2012

Free Video Chat Rooms & Live Webcams!

http://www.camfrog.com/

Modifikasi BMW Seri 7 by MANSORY





MANSORY Switzerland AG, rumah modifikasi berbasis di Jerman, berhasil membangun modifikasi BMW Seri 7 terbaru (model F01 dan F02), sehingga menjadi berkelas limousine yang dinamis dan unik. Hal tersebut terjadi setelah tim MANSORY menempel Seri 7 dengan body kit aerodinamis terbaru yang lebih anggun. Perusahaan yang kerap menenagani modifikasi Mercedes-Benz dan Land Rover ini juga mengganti bumper lengkap dengan lampu depan baru berfitur LED Daytime running, serta grill radiator berbahan karbon.
Sementara itu, perubahan bagian belakang ditandai penggunaan roof spoiler, duct tail, serta diffuser berbahan karbon. Mendampingin aksi sportif tersebut, ujung knalpot diganti dengan pipa rectangular model sport chrome.
Dalam siaran berita yang dikirim ke Dapurpacu.com dikatakan, MANSORY tak hanya lihai mempercantik ekterior dan interior. Perusahaan ini mengaku telah memiliki paket peningkat performa khusus untuk 750i dan 760Li. Dengan paket performa, kedua model itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 490 hp dan torsi 720 Nm (750i), serta 640 hp dan 920 Nm (760Li).
Lewat performa tersebut, 760 Li dikatakan hanya membutuhkan waktu 4,2 detik atau lebih cepat 0,4 detik untuk melesat 0-100 km dibandingkan versi standar..

BMW M3 GTS: 635 HP Berani Lawan 911 GT3



G-Power, perusahaan modifikasi khusus BMW, berhasil menelurkan produk baru BMW M3 GTS. Menurut siaran berita yang dikirim ke Dapurpacu.com, dikatakan sedan performa ini mampu menghasilkan tenaga 635 hp. Edan! G-Power bahkan berani menantang Porsche, sekalipun 911 GT3, bertarung dengan M3 GTS. Wih! G-Power menandaskan M3 GTS berbeda dengan basis M3 yang digunakan di arena balap. Perusahaan ini menyakatan M3 versi balap hanya menghasilkan 30 hp tambahan atau menjadi total 450 hp. Apalagi bobot M3 GTS juga lebih ringan 100 kg. Cantik!
Dalam spesifikasi tertulis M3 GTS bertenaga 635 hp pada putaran mesin 7.800 rpm. Tenaga ini lebih besar 185 hp dari versi standar. Sementara torsi maksimum dapat diraih hingga 630 Nm pada 3.900 rpm (+ 190 Nm).
Bila diminta berkaselerasi dari 0-100 km.jam M3 GTS hanya membutuhkan waktu 4,2 detik dan 0-200 km.jam 11,9 detik.
Performa M3 GTS bisa sebengis tersebut lantaran mesin V8 4.4-liter-nya telah disuntik sistem supercharger baru racikan G-Power. Supercharger tersebut dinamai G-Power SK II Sport Drive.
Selain itu, G-Power juga telah membekali crankshaft dan con rods yang dinilai lebih baik hingga mampu menciptakan keluaran dari 600 hp (standar M3) menjadi 635 hp (M3 GTS).
Bicara kekuatan supercharger, perusahaan yang telah berpengalaman sedikitnya 25 tahun itu bisa menggaransi. Setidaknya kekuatan peranti tersebut telah teruji dalam kompetisi berjarak 3.500 km pada balap ketahanan 24 jam di Nurburgring. Cadas!

BMW M5 2012 Mulai Bergentayangan di Dunia Maya








Foto-foto resmi BMW M5 2012 bocor di dunia maya.

Parasnya terlihat lebih kekar dan agresif meski zonder sayap dan spoiler. Air intake di bagian depan didesain lebih besar. Bokongnya dihiasi 4 pipa knalpot. Ban berukuran 20” dengan katagori Z dikabarkan terpasang.
Mesin V10 kabarnya dipensiunkan dan diganti V8 twin-turbo. Tenaga yang dilepaskan mencapai 552 hp atau lebih besar 42 hp dari mesin V10. Torsi puncak 501 lb.ft ditransfer ke semua roda belakang via transmisi kopling ganda 7-speed.
Katanya, mesin baru V8 sanggup membawa BMW M5 2012 berakselerasi 0-100 kpj dalam 4,4 detik.
Harganya, disinyalir, US$ 144 ribu di Jerman.

video-dr-dre-hancurkan-ferrari-360-modena-coupe-dalam-video-clipnya

http://www.situsotomotif.com/berita/hot-topic/video-dr-dre-hancurkan-ferrari-360-modena-coupe-dalam-video-clipnya

[TIPS] Langkah Sederhana Menghemat Bensin

Di tengah melambungnya harga bahan bakar minyak seperti yang terjadi saat ini, penghematan bahan bakar pasti merupakan hal yang sangat bijaksana untuk dipertimbangkan. Sederhana. Hanya dengan menaruh perhatian pada kondisi kendaraan dan gaya berkendaraan, tenyata mampu menolong kita untuk lebih berhemat.

Perhatikan tips berikut:

1. Periksalah Saringan Udara
Bagian ini kerap terlupakan dan baru dijamah saat mobil di-tune up, atau saat penggantian oli. Padahal, pemeriksaan saringan udara dapat kita lakukan setiap saat dengan hanya membuka kap mesin mobil.Angkatlah saringan udara, kemudian hadapkan ke arah matahari. Jika anda tak bisa melihat sinar matahari menerobos dari sela-sela filter, maka itu tandanya filter udara harus segera diganti.

Saringan udara yang bersih sangat berperan pada penghematan bahan bakar. Sebab, filter yang kotor menghambat aliran udara masuk ke dalam mesin, dan kemudian merusak performa mesin, termasuk konsumsi bahan bakar menjadi berlebih.

2. Periksa tekanan udara pada ban
Tekanan udara pada ban umumnya kurang menjadi perhatian bagi sejumlah pengendara, padahal tekanan ban yang rendah menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan boros bahan bakar. Periksa tekanan angin pada saat ban dalam keadaan dingin. Sebab tekanan udara dalam keadaan ban yang panas akan lebih tinggi. Selanjutnya, pastikan pasokan udara sesuai dengan ukuran yang telah disarankan oleh pabrik. Biasanya, tekanan angin, tercantum dalam buku manual atau stiker yang dilekatkan di sekitar kabin pengemudi.

3. Akselerasi dengan perhitungan
Memacu kendaraan membutuhkan perhitungan. Itulah yang disebut perhatian pada gaya mengemudi. Tekanan gas yang spontan, kemudian melambat dengan drastis jelas membuat boros. Perhitungkan posisi kendaraan di depan anda, sehingga kecepatan kendaraan tetap stabil. Sekalipun harus melambat, maka perlambatan itu dilakukan dengan gradual.

4. Kembalilah ke alam
Nah, mungkin saran yang satu ini pun patut pula Anda pertimbangkan. Kembalilah ke alam! Alias, pakailah AC hanya di saat kita membutuhkannya. Buka jendela, dan coba nikmati semilir angin, dengan kendaraan yang berjalan santai. Namun jangan salah. Pada kecepatan tinggi, penggunaan AC justru bisa menghemat bahan bakar, sebab jendela yang terbuka menciptakan hambatan pada kendaraan untuk melaju, sehingga mesin bekerja lebih keras.

5. Simpan ban dan velg original
Velg dan ban baru pasti membuat mobil andalan kita terlihat lebih gagah. Dan, yang pasti juga akan mempermudah pengendalian. Tapi, jika ban yang kita pilih lebih lebar dari standar pabrik, maka permukaan yang bergesek dengan jalan pun akan lebih lebar, hasilnya resistensi perputaran ban juga berimplikasi pada bahan bakar yang dikonsumsi.

Jadi jika, Anda ingin mempercantik mobil, maka ada baiknya velg dan ban standar pabrik tetap disimpan. Gunakan ban dan velg tersebut saat akan melakukan perjalan jauh, di mana efisiensi bahan bakar lebih penting dari pada 'gaya'.

6. Jangan pakai mobil
Mungkin ini tips yang paling tidak populer di dalam rubrik otomotif. Tapi faktanya, tidak menggunakan mobil jelas menghemat penggunaan bahan bakar. Tinggal perhitungkan biaya dan kebutuhan yang harus "dikorbankan" jika tidak menggunakan mobil. Gunakan angkutan umum? Motor? Atau bahkan sepeda? Ingat, jalan kaki atau sepeda jelas baik untuk kesehatan dan juga kantong anda. Jadi, cobalah bertanya pada diri sendiri setiap kali akan mengendarai mobil, "Apalah perjalanan ini perlu saya tempuh dengan mobil?"

Mengenal dan Merawat Injektor Mobil

Pada umumnya sistem injeksi bahan bakar dikontrol secara elektronik atau yang dikenal dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Sistem ini dikontrol oleh Electronic Control Module (ECM) atau Electronic Control Unit (ECU). Berupa chips yang terdiri dari microprosessor dan memory yang dipasang pada mobil.

ECU ini menerima input berupa sinyal-sinyal elektronik dari semua sensor dan memprosesnya untuk menentukan jumlah bahan bakar yang diperlukan dengan mengatur bukaan katup pada injektor. Tujuan penggunaan dan pengembangan EFI sampai saat ini adalah untuk memperbaiki prestasi motor bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Ada dua jenis sistem injeksi bahan bakar untuk motor bensin berdasarkan posisi injektornya, yaitu:

1. Multipoint fuel-injection atau Port fuel injection (PFI), dimana injektor terletak di atas lubang isap (intake port) pada setiap silinder.

2. Single-point fuel-injection atau disebut juga Throttle-body fuel injection (TBI), dimana injektor dipasang sebelum saluran isap yaitu di atas katup throttle.

Untuk menjaga agar injektor mobil anda bekerja dengan optimal, lakukan perawatan berkala dengan memberikan cairan pembersih pada bahan bakar paling tidak dua minggu sekali. Campuran pembersih injektor pada bensin mampu menjaga sistem injeksi bekerja optimal sejauh 50.000 km. Menggunakan cairan pembersih penting karena kualitas bensin umumnya mengandung unsur detergen. Injektor memiliki saluran kecil yang sensitif pada kotoran dan bisa menyumbat seperti gum, carbon dan varnish. Khusus pada sistem multipoint injection, injektor berada di belakang katup isap dan biasanya sisa bensin akan menjadi residu. Residu ini akan semakin banyak bila kualitas bensin buruk. Bahkan injektor rentan tersumbat hingga membuat pola semprotan berubah. Bila itu terjadi, mesin akan tersendat-sendat pada kondisi idle, tarikan kurang, boros bensin sampai mesin susah di-stater.

Biasa juga dengan menuangkan adiktif pembersih yang mengandung detergen ke tangki bensin. Cara ini bisa dilakukan bila gum yang menumpuk belum terlalu parah. Bila residu tidak bisa dibersihkan dengan cara sederhana, tidak ada jalan lain harus dibawa ke bengkel.

Untuk membersihkan residu yang sudah menjadi kerak, mekanik biasanya melakukan dengan memasukkan larutan kimia pembersih injektor langsung ke saluran masuk bensin. Cara ini bisa langsung membersihkan kerak yang menumpuk di punggung katup isap.

Rabu, 04 April 2012

BMW Konsep Baru Model Klasik

Produsen mobil mewah Jerman, BMW belum lama ini meluncurkan mobil konsep khusus di ulang tahun-nya pada acara Concorso dEleganza Villa dEste di Italia.

Mobil konsep tersebut dinamakan BMW 328 Homage, khusus dibuat untuk membayar upeti dan merayakan ulang tahun BMW ke-75, berbasis dari BMW 328 klasik, asli dari akhir 1930-an.

Mobil tersebut terlihat sangat futuristik dengan tata letak yang tidak biasa tampilan depannya. Seperti, letak Mesh ditaruh di belakang seluruh wajah untuk memberikan tampilan berbeda. Juga tampilan desain lampu besar yang aneh dengan tanda "X" berbahan serat karbon.

Tampilan BMW 328 baru tidak semua berkesan futuristik, Homage menghadirkan kembali bentuk kisi-kisi setup kembar memanjang mirip dengan model aslinya, serta tata letak kaca depan kembar terpisah.

Sepintas mobil konsep tersebut mirip dengan model pada konsep EfficientDynamics, misalnya tampilan bonnet panjang yang sama dan kursi model drawn back ditarik balik.

BMW mengklaim, hampir seluruh bodi Homeage terbuat dari bahan serat karbon, yang jauh lebih ringan dan lebih kaku dari aluminium.

Perubahan nyata dari model 328 tahun 1930-an, bingkai pintu dibuat turun sangat rendah, namun pada model konsep tidak diberi pintu, meski masih menawarkan gaya yang serupa. Sedangkan pada bagian belakang dibuat sama seperti tampilan depan, dimana latar mesh belakang seperti terjepit didalam dan memotong keluar tata letak tampilan belakang.

BMW belum merilis rincian khusus mengenai mesin yang diusung BMW 328 Homage, meski rumornya dikatakan akan didukung oleh unit 3.000 cc enam silinder. Tunggu saja kabar selanjutnya.

Pentingnya Balancing & Spooring

Pernahkan Anda merasakan suatu guncangan hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan bus atau mobil besar lainnya pada kecepatan tinggi. Sebagian orang meduga kalau efek limbung yang terjadi itu disebabkan oleh kecilnya ukuran mobil yang kita naiki. Pada kenyataannya, gejala limbung ini tidak terjadi pada mobil kecil (contoh: Mitsubishi Colt) yang dikabarkan seorang kawan saat dibawa mudik lebaran kemarin. Ketahuilah bahwa semua itu kuncinya pada keselarasan(spooring) dan keseimbangan (Balancing) roda serta piranti kemudi (setir) sebagai pengendali gerakan mobil.


Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, keselarasan dan keseimbangan roda harus diperbaiki karena keausan komponen kaki-kaki mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan roda. Agar kesetabilan mobil tetap terjaga maka wajib hukumnya untuk melakukan spooring dan balancing secara berkala. Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan. Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil dijalankan. Pada proses penyetelan harus diyakinkan bahwa roda belakang bener-benar parallel dengan roda depan karena roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan saat mobil di jalankan. Apabila kondisi ini tidak tercapai bisa menyebabkan ban Anda akan cepat aus dan kestabilan mobil tergangu.
Spooring dan balancing juga bertujuan untuk membuat keausan ban mobil merata sehingga pengendalian dan kenyamanan mobil tetap terjaga, efek limbung dapat terhindar dan keamanan berkendaraan pun senantiasa terjamin.
Gejala limbung juga bisa ditimbulkan oleh gangguan pada setir. Pada umumnya mobil sekarang sudah mengadopsi system kemudi ‘power steering’.

Gejala gangguan pada system setir ini beraneka ragam dan biasanya disebabkan oleh beberapa sebab berikut:

1. Kemudi terasa berat akibat kendornya tali kipas dan juga mungkin oli kurangnya power steering.
2. Getaran kuat pada kemudi akibat lemahnya system suspensi depan. Getaran ini juga disebabkan oleh longgarnya batang penyambung (long tie road) pada system kemudi.
3. Penggunaan ban berjenis radial yang terlalu lebar dan tekanan angin yang berbeda untuk tiap ban akan mengganggu kinerja setir.
4. Penyetelan sector shaft yang tidak tepat atau penyetel rack pada model rack and opinion terlalu kendur bias membuat gerak bebas setir berlebihan.

Gangguan pada setir akan sangat kita rasakan pada saat mobil berada pada kecepatan tinggi, makanya pengetesan spooring dan balancing perlu dilaksanakan pada saat mobil melaju pada kecepatan diatas 100 km/j, dimana gejala limbung itu bisa dirasakan.
Cara yang termudah dan termurah untuk mengetahui kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring dan balancing:

1. Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding roda belakang.
2. Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah spooring.
3. Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
4. Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
5. Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
6. Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil Anda sudah cukup parah dengan keseimbangan.
7. Bila komponen system kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil Anda hanya bergerak lurus.

Setelah Selesai Spooring & Balancing Disarankan Tidak mengangkut beban YG belebihan





okeey...SELAMAT MENCOBA...!!! 


Manual Book Mobil Gratis

http://zonamobilindo.blogspot.com/

Mau Tahu Arti Kode pada Ban

Ketika Anda hendak membeli ban mobil, tukang ban paling menyebut ring dan lebarnya berapa? Padahal, di dinding ban, terutama sisi luar, banyak tulisan maupun kode. Semua itu mengandung arti, lebih tepatnya identitas dari si karet bundar itu sendiri.

Bahayanya, Anda tak tahu kalau ban itu diproduksi tahun berapa. Padahal, tertulis di sisi pinggirnya. Termasuk juga batas kecepatan maksimum yang diperbolehkan. Masih banyak kode-kode lainnya, mari simak di bawah ini.

1. 215/50 ZR17 95W
Angka dan huruf ini menandakan profil dan kecepatan yang diizinkan. 215 = lebar tapak ban yang menempel ke permukaan jalan, dihitung dari ujung kedua sisi. 50 = ketinggian dinding ban (biasanya ada yang 45, 55, 60 sampai 70). Kalau dalam milimeter perhitungannya, 50 tadi merupakan persentase dari tapak ban. jadi, 50% x 215 menghasilkan (dibulatkan) 106 mm. Adapun ZR17 menunjukkan diameter lingkar roda alias velg. Populer disebut ring 17. 95W = Angka sebagai indeks berat maksimal yang dapat dipikul oleh ban, sedangkan W menunjukkan batas kecepatan maksimal 270 km/jam yang dibolehkan. Kemudian kode lainnya, S=180 km/jam, M=130 km/jam, N=140 km/jam, P=150 km/jam, Q=160 km/jam, R=170 km/jam, S=180 km/jam, V=240 km/jam, T=190 km/jam, U=200 km/jam, dan H=210 km/jam.

2. Manufactured dan Brand
Produsen ban dan nama produknya

3. Made in (Indonesia) dan SNI (Indonesia)
Negara pembuat dan ban sudah melewati batas standardisasi yang ditetapkan di negara sendiri.

4. Logo Segitiga atau TWI (Tread Wear Indication)
Batas pemakaian ban. Biasanya jika diteruskan dengan menarik garis ke arah tapak ban, maka akan ada tanda lainnya, berupa bar yang menghubungkan antarkembang ban. Ketika sudah saling berhubungan, berarti ban sudah tergolong botak dan harus cepat diganti.

5. Racikan Ban
Contohnya, Plies:Tread 2 Polyester 2 DSteel I Nylon, Sidewall 2 Polyester yang bisa menunjukkan kalau tapak terdiri dari 2 polyester, 2 steel dan 1 nylon, sedangkan bagian dinding ban hanya 2 polyester.

6. Production Date
Tanggal pembuatan yang dicetak dalam bentuk lonjong atau elips. Sebanyak 4 angka terakhir di dalam bidang itu menunjukkan ban diproduksi dengan rincian, 2 angka terakhir tahun produksi dan 2 angka awal (di depannya) minggu ke berapa (dalam satu tahun).

7. E Mark
Di beberapa ban, tanda ini menunjukkan di negara mana saja bisa diterima. Semisal E1 bisa diterima di Jerman, E2 Perancis, E3 di Italia, atau E4 Belanda.

8. Kompon Ban
Untuk ban ada jenis komponnya, yakni SS (super soft), S (soft), M (medium), MH (medium hard), dan H (hard). Ban dengan kompon S lebih mencengkeram ke aspal, tetapi lebih cepat aus. Terlebih cara mengemudi tergolong kasar.

Selasa, 03 April 2012

Bagaimana Menjual Mobil Bekas Anda?

Apakah penyusutan dan pemeliharaan mobil Anda sudah terlalu banyak? Masa berlaku pajak kendaraan akan segera berakhir? Atau karena bosan ingin mengganti mobil dengan model lain?

Jika salah satu pertanyaan diatas, adalah alasan untuk menjualnya mungkin memang anda harus segera menjualnya. Lalu bagaimana Anda menjualnya?

Berikut adalah dua cara konvensional dalam melepas mobil bekas:
a.Jual kepada dealer mobil bekas
b.Jual kepada konsumen langsung

Jual ke pedagang mobil bekas (dealers)
Menjual ke dealer paling banyak dipilih orang saat ingin menjual mobil bekasnya. Biasanya pedagang akan membeli mobil yang ditawarkan tersebut walaupun kondisi mobil Anda tidak sempurna seperti baru misal terdapat penyok, bodi tergores, ban tipis, bahkan bagian ornament interior ada yg hilang atau lepas pun pedagang masih mau menawarnya. Asalkan harganya masih masuk, dan begitu di re-sale masih mendapatkan untung.

Bila dealer adalah pilihan Anda saat ingin melepas mobil, ada baiknya melakukan cek harga ke beberapa tempat untuk mengetahui tawaran tertinggi terhadap unit mobil yang Anda miliki. Tujuannya, agar anda tidak terlalu rugi dari tiap penawaran yang diberikan. Sudah menjadi hal umum pedagang mempunyai banyak cara agar nilai mobil konsumen menjadi rendah.

Kelebihan :
Menjual ke dealer atau pedagang terhindar dari repot. (Jika harga mobil Anda dinilai cukup rendah, bisanya pihak dealer akan langsung datang ke lokasi Anda. Dan, memberikan pelayanan sebaik mungkin). Biasanya dealer juga menangani semua urusan dokumen mobil hingga urusan pembayaran tuntas. Kelebihan lain, transaksi dengan dealer terbilang aman dan sederhana. Jadi, dengan beberapa panggilan telepon saja, mobil Anda langsung terjual.

Kelemahan:
Disamping kelebihan pasti ada kelemahannya, nah kerugian terbesar menjual via dealer adalah harga yang ditawarkan relatif rendah dari harga yang berlaku. Dealer bertindak seperti perantara dan membuat keuntungan pada kendaraan Anda. Biasanya, setiap mobil yang akan dijual kembali tersebut menghasilkan benefit minimal Rp 2 jutaan bagi si pedagang (dealer). Pasalnya, keuntungan tersebut digunakan untuk biaya operasional seperti sewa tempat, gaji karyawan dan tagihan lainnya.

Walau demikian mereka juga tidak luput dari resiko ketidakpastian kondisi pasar. Artinya, dealer akan defisit jika mobil tersebut tidak dapat terjual dalam waktu cepat. Satu hal perlu diperhatikan ketika akan melepas mobil via pedagang yaitu saat menandatangani berkas dokumen apapun harus teliti. Disamping itu, Anda harus menekankan pada semua perjanjian lisan agar dibuatkan secara tertulis sesuai dengan aturan yang berlaku.

2) Jual ke pemakai (end user)
Pilihan menjual langsung ke pembeli atau pemakai (end user) adalah alternatif yang juga trend dewasa ini. Proses transaksi secara hukum telah sedemikian efisien dan adanya dunia maya, pembeli dapat langsung berinteraksi dengan si penjual tanpa harus pakai perantara. Jika memilih langkah ini, penjual perlu mengiklankan mobilnya, menyiapkan kelengkapan surat kendaraan, mengatur waktu test drive dan survey bagi calon pembeli, baru kemudian transaksi, cara pembayaran dilakukan dengan cara transfer via bank atau tunai di tempat.

Kelebihan :
Pemilik mobil dapat menjual dengan harga yang lebih tinggi bila dibandingkan jika mereka menjual via dealer. Ini merupakan salah satu keuntungan, disamping kelemahannya. Walau demikian tujuan menjual mobil adalah untuk mendapatkan harga tertinggi bukan?

Kelemahan :
Ketika melakukan transaksi antara Anda dengan calon pembeli, semua proses administrasi harus diselesaikan secara bersama-sama. Penjual harus mengurus asuransi kendaraan, bila masih berjalan maka segera dibatalkan dan membayar semua pinjamannya secara penuh.

Setelah itu, ia juga harus mengurus ke kantor Polda setempat untuk proses pengalihan nama ke pemilik baru. Jika calon pembeli membayar dengan cara kredit, Anda sebagai penjual diharapkan dapat membantu sampai proses pinjaman bank atau jasa pembiayaan (leasing) tersebut disetujui.

Waktu dan uang yang telah anda keluarkan untuk mengiklankan mobil di berbagai tempat, sangat tipis kemungkinan dilirik calon pembeli-tergantung tipe, jenis, harga warna dan kondisi mobil-. Bahkan dari survey dan test drive yang dilakukan calon pembeli tidak menjamin mobil Anda terjual. Lantaran, proses jual-beli mobil bekas bukan hal mudah, bisa saja saat test drive, musibah menimpa mobil Anda. Kurang pahamnya soal pengurusan surat kendaraan, system pembayaran dan memperbagus tampilan mobil menjadi tantangan bagi penjual pemula.

Artinya disini sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tahapan dalam jual-beli tersebut agar proses transaksi berjalan lancar.

Ayo, Cegah Rem Blong!





                                                          Mobil saat direm mendadak

Kalau mesin bermasalah, efeknya mogok. Namun, bagaimana kalau hal terjadi tersebut terjadi pada rem? Taruhannya nyawa! Untuk mencegah hal tersebut, berikut langkah-langkah dan antisipasi yang perlu dilakukan.

Perawatan
1. Cek kondisi minyak rem paling sekali seminggu dan ganti setiap 50.000 km. Jika jumlahnya kurang dari batas minimal, dipastikan terdapat kebocoran pada sirkuit hidraulik atau minyak rem. Untuk mengatasinya, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel yang sudah dipercaya kualitas kerja untuk mencari dan mengatasi masalah yang terjadi.

2. Periksa ketebalan kampas (pad0 rem (untuk rem cakram). Produsen umumnya merekomendasikan penggantian kampas setiap 25.000 km. Kendati demikian, kampas bisa saja lebih cepat tipis. Untuk mengetahuinya, memasukkan jari ke sela-sela kampas rem dan kaliper saat rem dingin.

3. Untuk sepatu rem (pada rem teromol) pergantian material direkomendasikan 4 banding 1. Artinya, jika kampas rem sudah diganti 4 kali, pada peroide keempat sepatu rem juga harus diganti. Berdasarkan jarak, sepatu rem diganti setiap 100.000 km karena bebannya lebih ringan dibanding kampas.

4. Lakukan servis besar setiap 50.000 km.

5. Tak kalah penting, jangan lupa memeriksa lampu rem. Dengan ini, penggendara yang berada di belakang mengetahui Anda mengoperasikan rem, Penggantian warna tidak dibenarkan. Penyebabnya, warna merah paling gampang mempengaruhi psikologis untuk melakukan reflek antisipasi.

6. Jangan sembarangan mengganti komponen rem dengan produk aftermarket dan melakukan perbaikan melalui mekanik bukan bengkel resmi. Garansi bisa hilang!

Gejala
1. Untuk mobil yang dilengkapi dengan anti-lock brake system (ABS), bila indikatornya menyala, berarti sensor di roda tidak berfungsi dengan baik atau kampas sudah menipis. Kalau indikator rem parkir menyala, berarti terjadi kebocoran atau minyak rem habis.

2. Ketika pedal rem diinjak dan terasa ada getaran, berarti ada benjolan atau permukaan piringan rem tidak rata.

3. Kalau ada bau hangus seperti minyak terbakar dari lingkar roda, pertanda terjadi kebocoran di sekitar kaliper. Untuk mengatasinya, perbaikan mesti dilakukan di bengkel resmi atau terpecaya.

BMW Seri 4 Sedang Dipersiapkan

http://www.dapurpacu.com/bmw-seri-4-sedang-dipersiapkan/bmwseri4-2/       (..ini..link-nya...)

BMW Seri 4 Sedang Dipersiapkan



BMW Seri 4 sedang dipersiapkan untuk bersaing dengan Audi A5. Dua buah foto rendering versi coupe dan cabriolet muncul di dunia maya.

Coupe berkode F32 dan Cabriolet F33 kabarnya akan menggantikan varian yang sama pada BMW Seri 3 dengan desain hampir sama. Dimensinya akan sedikit lebih panjang, nantinya juga tersedia versi saloon grand coupe.

Di balik bonnet depan akan terpasang mesin turbocharger 2,0-liter yang mampu menghasilkan tenaga 240 hp. Bakal tersedia pula mesin twin-turbo 3,0-liter dengan semburan tenaga 306 hp.

Diprediksi akan muncul perdana di Paris Motor Show 2012 pada September

Tips Ringan Pasang Bohlam Lampu Utama

http://otomotif.bosmobil.com/berita/Rubrik_Otomotif-2/Tips_Ringan_Pasang_Bohlam_Lampu_Utama-2900.html

Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat)






Banyak faktor yang membuat suhu mesin meninggi alias panas (overheat). Salah satu di antaranya sistem pendinginan mesin yang jarang mendapat perhatian, termasuk mengecek kondisi air radiator pun sering terlupakan. Padahal, pengerjaannya tidak lebih dari lima menit (termasuk menambah air radiator). Berikut penuturan Heron, Kepala Mekanik R Speed di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, mengenai penyebab overheat dan penanggulangannya.

1. Mampet
Radiator mampet yang disebabkan oleh karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin. Biasanya, kotoran tersebut 'nyempil' di kisi-kisi radiator mengakibatkan sirkulasi air menjadi tidak sempurna. Solusinya, servis radiator dan jika gejalanya sudah tergolong parah maka kisi-kisi harus diganti. Ada 2 cara pencegahan medsin panas, yaitu lakukan penggantian air radiator setiap 20.000 km dan gunakan carian anti karat.

2. Air berkurang
Nah, inilah pentingnya mengecek kondisi air sebelum bepergian. Jika volume air berkurang cukup banyak (sebotol Aqua 600 ml atau lebih) menandakan adanya kebocoran. Bisa berasal dari selang yang sudah getas, sambungan selang atau dari sil dan pegas tutup radiator yang sudah tidak berfungsi baik. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat adanya bekas karat disekitarnya yang mengering. Segera ganti tutup radiator, sementara untuk kebocoran dari selang dan sambungan lakukan perbaikan di bengkel resmi atau langganan Anda.

3. Kipas lemah
Biasanya hal ini terjadi akibat motor kipas yang sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga putarannya kurang kencang. Biasanya hal ini teridentifikasi ketika ngebut, temperatur naik, namun ketika pelan suhu cenderung aman. Bisa juga dari kipas tambahan (bagi yang menggunakan), untuk mencari tahu cukup dengan menyalakan AC. Jika ada kerusakan maka kipas tidak akan berputar atau temperatur lambat laun naik. Solusinya adalah mengganti motor kipas tersebut, atau jika sudah parah biasanya kipas juga ikut diganti karena biasanya mengalami kerusakan di porosnya.

4. Oktan tidak sesuai
Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak sesuai - biasanya lebih rendah - bisa mengakibatkan mobil knocking (ngelitik). Jika terus dibiarkan maka kecenderungannya mesin akan panas. Rasio kompresi dan setingan waktu pengapian (timing) - untuk mobil yang masih menggunakan distributor - harus sesuai dengan BBM.

Penanggulangan Darurat
Biasanya diawali dengan munculnya ngelitik yang berlebih pada mesin. Bagi yang menggunakan indikator jarum biasanya akan terlihat peningkatan suhu. Sementara yang memakai gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat.

Jika hal itu terjadi, segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman, pasang segitiga pengaman agak jauh dari mobil. Tunggu beberapa menit sampai suhu mesin turun, bisa dibantu dengan menyiram air di radiator jika mencukupi. Setelah dingin, cek kondisi air. Perhatian, ketika membuka tutup radiator, pergunakan juga kain tebal (jika tutup masih panas) dan putar secara perlahan. Jika ada tekanan air, tutup radiator ditekan sambil diputar perlahan. Jika sudah terbuka dan ternyata volume air masih penuh, tutup kembali radiator dan jika temperatur sudah normal, bawa mobil ke bengkel terdekat.

Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat)








Banyak faktor yang membuat suhu mesin meninggi alias panas (overheat). Salah satu di antaranya sistem pendinginan mesin yang jarang mendapat perhatian, termasuk mengecek kondisi air radiator pun sering terlupakan. Padahal, pengerjaannya tidak lebih dari lima menit (termasuk menambah air radiator). Berikut penuturan Heron, Kepala Mekanik R Speed di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, mengenai penyebab overheat dan penanggulangannya.

1. Mampet
Radiator mampet yang disebabkan oleh karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin. Biasanya, kotoran tersebut 'nyempil' di kisi-kisi radiator mengakibatkan sirkulasi air menjadi tidak sempurna. Solusinya, servis radiator dan jika gejalanya sudah tergolong parah maka kisi-kisi harus diganti. Ada 2 cara pencegahan medsin panas, yaitu lakukan penggantian air radiator setiap 20.000 km dan gunakan carian anti karat.

2. Air berkurang
Nah, inilah pentingnya mengecek kondisi air sebelum bepergian. Jika volume air berkurang cukup banyak (sebotol Aqua 600 ml atau lebih) menandakan adanya kebocoran. Bisa berasal dari selang yang sudah getas, sambungan selang atau dari sil dan pegas tutup radiator yang sudah tidak berfungsi baik. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat adanya bekas karat disekitarnya yang mengering. Segera ganti tutup radiator, sementara untuk kebocoran dari selang dan sambungan lakukan perbaikan di bengkel resmi atau langganan Anda.

3. Kipas lemah
Biasanya hal ini terjadi akibat motor kipas yang sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga putarannya kurang kencang. Biasanya hal ini teridentifikasi ketika ngebut, temperatur naik, namun ketika pelan suhu cenderung aman. Bisa juga dari kipas tambahan (bagi yang menggunakan), untuk mencari tahu cukup dengan menyalakan AC. Jika ada kerusakan maka kipas tidak akan berputar atau temperatur lambat laun naik. Solusinya adalah mengganti motor kipas tersebut, atau jika sudah parah biasanya kipas juga ikut diganti karena biasanya mengalami kerusakan di porosnya.

4. Oktan tidak sesuai
Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak sesuai - biasanya lebih rendah - bisa mengakibatkan mobil knocking (ngelitik). Jika terus dibiarkan maka kecenderungannya mesin akan panas. Rasio kompresi dan setingan waktu pengapian (timing) - untuk mobil yang masih menggunakan distributor - harus sesuai dengan BBM.

Penanggulangan Darurat
Biasanya diawali dengan munculnya ngelitik yang berlebih pada mesin. Bagi yang menggunakan indikator jarum biasanya akan terlihat peningkatan suhu. Sementara yang memakai gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat.

Jika hal itu terjadi, segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman, pasang segitiga pengaman agak jauh dari mobil. Tunggu beberapa menit sampai suhu mesin turun, bisa dibantu dengan menyiram air di radiator jika mencukupi. Setelah dingin, cek kondisi air. Perhatian, ketika membuka tutup radiator, pergunakan juga kain tebal (jika tutup masih panas) dan putar secara perlahan. Jika ada tekanan air, tutup radiator ditekan sambil diputar perlahan. Jika sudah terbuka dan ternyata volume air masih penuh, tutup kembali radiator dan jika temperatur sudah normal, bawa mobil ke bengkel terdekat.